Calon TKI Asal Raman Utara Akhirnya Berhasil Pulang Kampung

JAKARTA - Calon tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur, Suharti binti Ponijo akhirnya berhasil dipulangkan ke kampung halamannya.

"Kita bersyukur akhirnya pihak perusahaan jasa TKI yang menampung beliau ini bersedia untuk melepas beliau pulang," ujar anggota DPR RI asal Lampung Ahmad Junaidi Auly yang memediasi dan mengadvokasi proses pemulangan calon TKI tersebut di sela rapat konsinyering Badan Legislasi DPR RI di Hotel Borobudur, Jakarta (4/2/2016).

Suharti, ditemani Kepala Desa Raman Endra, Majikan, menemui Junaidi pasca dicapainya kesepakatan proses pemulangan Suharti dengan Jeslin, pimpinan PT Suma Jaya, perusahaan jasa penampung TKI yang berlokasi di Jakarta Timur ini. Kesepakatan antara lain dicapai setelah pihak sponsor pemberangkatan Suharti bersedia melunasi denda pada PT Suma Jaya.

Sebagaimana sebelumnya diberitakan, Suharti sempat ditampung selama lima bulan di perusahaan tersebut dengan janji akan diberangkatkan ke Hongkong. Dalam keadaan sakit dan tanpa kejelasan pemberangkatan, Suharti minta pada pihak keluarga agar dapat dipulangkan.

Alih-alih dipulangkan, Suharti justru diminta membayar denda sebesar Rp 11,5 juta jika tetap meminta pulang. "Denda itu rupanya perjanjian antara pihak sponsor pemberangkatan Bu Suharti dengan pihak perusahaan. Jadi tanggungjawab membayar denda seharusnya bukan dilimpahkan ke beliau," ujar Junaidi. Tak urung dalam kesempatan itu Kepala Desa Raman Endra, Majikan menyampaikan terima kasih atas bantuan mediasi Junaidi untuk pemulangan warganya.

Berdasarkan data Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) tahun 2015, Provinsi Lampung menjadi penyumbang TKI terbesar kelima secara nasional yaitu sebanyak 5457 warga dari Januari hingga April 2015. Dan Kabupaten Lampung Timur, tempat asal Suharti, menjadi kabupaten peringkat pertama di Lampung dalam mengirimkan warganya untuk bekerja di luar negeri. []

0 Response to "Calon TKI Asal Raman Utara Akhirnya Berhasil Pulang Kampung"

Posting Komentar