Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016

Jakarta (4/7) -- Kementerian Agama RI melakukan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1437 H pada Senin (4/7) di Jakarta. Sidang isbat penentuan Idul Fitri 1437 H ini dihadiri seluruh unsur organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam di Indonesia dan sejumlah kedutaan besar di Indonesia.
Sidang isbat yang langsung dipimpin oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin diawali dengan paparan hisab hilal penetapan Syawal 1437 H. Usai mendengar laporan ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag, Menag Lukman Hakim Saifuddin mendengar masukan dari sejumlah ulama yang hadir.
Setelah mendengar paparan Tim Hisab Rukyat Kemenag dan ulama, Kementerian Agama akhirnya sepakat menetapkan 1 Syawal 1437H jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016.
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengatakan sidang isbat yang dilakukan menjelang awal Ramadhan dan Syawal setiap tahun menyimbolkan semangat persatuan umat dan saling menghormati.
"Dalam sidang isbat ini, perwakilan semua ormas Islam berhimpun dan bermusyawarah, lalu memutuskan kapan awal Ramadhan dan awal Syawal. Semangat ini adalah semangat persatuan, tentunya untuk kemaslahatan bersama umat Islam," ujar Sohibul Iman.
Sehingga menurut Sohibul Iman, hasil sidang isbat bukan sebatas keputusan pemerintah atau menteri agama, melainkan keputusan bersama kaum muslimin. Namun demikian, pria yang akrab disapa Kang Iman ini memaklumi tetap adanya perbedaan pandangan di antara unsur umat Islam Indonesia dalam metode menentukan awal bulan hijriyah.
Terkait sikap PKS, Sohibul Iman menegaskan, partainya tetap menghormati keputusan yang dihasilkan dalam sidang isbat. PKS, lanjut dia, selalu mengedepankan persatuan umat dalam pengambilan keputusan. Hal itu termasuk dalam kebijakan awal Ramadhan dan Syawal.
"Sebagai bagian dari umat Islam dan juga rakyat Indonesia secara umum, sejak awal PKS selalu mengikuti keputusan hasil sidang isbat. PKS selalu menjadikan persatuan umat paling utama," jelasnya.

0 Response to "Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016"

Posting Komentar