Dewan Pinta Pemprov DKI Serius Kelola Air Bersih

JAKARTA (22/5) - Susahnya mendapatkan air bersih sudah lama dirasakan masyarakat DKI Jakarta. Hingga saat ini ketersediaan air bersih baru dapat memenuhi sekitar 57% dari kebutuhan penduduk Jakarta. Padahal air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia, karena salah satu alat ukur warga dapat hidup layak, ketika mudah mendapatkan air bersih.

Demikian disampaikan Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta yang membidangi Kesejahteraan Tubagus Arif, Jum’at (22/5), di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Selain itu, Tubagus melanjutkan, kualitas air yang dihasilkan pun masih jauh dari harapan.

“PDAM itu kan Perusahaan Daerah Air Minum, artinya air yang dihasilkan harus layak untuk diminum, tapi sampai saat ini airnya masih belum dapat diminum langsung,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera dari Daerah Pemilihan Jakarta Utara III.

Tarif air bersih di Jakarta termasuk tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN, padahal kualitasnya tidak sesuai dengan harganya. Sebagai perbandingan, tarif air bersih yang siap minum di Singapura per meter kubik hanya seharga Rp3.000,- sedangkan di Jakarta tarif air bersih per meter kubik mencapai Rp7.000,- padahal kualitas airnya masih jauh dari layak minum.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, masih menurut Tubagus, belum serius mengelola air bersih untuk masyarakat, pasalnya masih ada wilayah di DKI Jakarta yang belum mendapatkan akses air bersih.

“Wilayah Kapuk Muara sampai sekarang masih sulit mendapatkan air bersih padahal di sisi yang lain sibuk melakukan reklamasi,” ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta.

DPRD berencana akan mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan akuisisi pengelolaan air bersih di Jakarta, karenanya merupakan kepentingan bagi seluruh warga Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga diharapkan serius dalam mengelola permasalahan air bersih ini.
“Pemprov DKI harus memberi bukti, jangan hanya pencitraan saja,” pungkas Tubagus.

Sumber: Humas Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta



Posted by @PKSLamtim

0 Response to "Dewan Pinta Pemprov DKI Serius Kelola Air Bersih"

Posting Komentar