Mukhoyam Penyempurna Tarbiyah

Lampung Timur - 22 April 2016 merupakan titik awal dilaksanakannya Mukhoyam Pandu Keadilan Dasar II (MPKD II) gabungan antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan dan Way Kanan yang diselenggarakan di Lampung Selatan.

Peserta MPKD II dari Lampung Timur dilepas oleh Ketua DPD PKS setempat Nur Fauzan. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa keikut sertaan para peserta merupakan proses kematangan seorang kader dakwah.

"Hadirnya kita dalam kegiatan ini adalah upaya untuk menunjukkan kepantasan kita sebagai kader dihadapan Allah, rasul, qiyadah dan ikhwah. Apakah layak kedepan amanah itu  disematkan di pundak-pundak kita. Indikator kuatnya organisasi ini ini adalah masih adanya tsiqoh dan ketaatan dalam membangun amal jama'i. Dan hari ini wajah-wajah antum adalah bukti taat dan tsiqoh itu". Papar Fauzan.

Dalam upacara pembukaan, inspektur upacara yang merupakan struktur DPD PKS Lampung Selatan menyatakan bahwasanya Mukhoyam adalah penyempurna tarbiyah, maka setiap kader PKS yang belum pernah mengikuti mukhoyam tarbiyahnya belum sempurna, Beliau juga mengatakan mukhoyam dilaksanakan disetiap tingkatan tarbiyah, sebagai wujud ketaataan.

Dalam kegiatan yang diikuti lebih dari seratus peserta ini, dimulai dengan pelatihan PBB yang dikomando oleh anggota TNI. Latihan dikemas dengan dinamis dan mudah untuk di pahami peserta. 

Tak hanya kegiatan PBB, berbagai kegiatan fisik lainnya juga dijalani setiap peserta. Mereka wajib melakukan push up, sit up dan back up sebanyak 50 kali selama 3 hari. 

Dihari kedua setelah melakukan lintas alam yang cukup menantang, peserta diberi materi beladiri praktis dari Kang Bara yang merupakan atlet Tarung Drajat. 

Tak hanya kegiatan jasadiyah, peserta juga wajib melaksnakan kegiatan ruhiyah sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT.

Dihari ketiga peserta MPKD II melakukan long mach ke puncak Gunung Rajabasa dengan rute yang sangat menantang, karena dimalam sebelumnya diguyur hujan deras yang membuat jalur menjadi becek dan licin. Puncak Gunung Rajabasa ditaklukan dalam watku 3 jam, dan kembali kebase camp MPKD II dalam waktu 2 jam.

Dengan berakhirnya long mach maka berakhir pula rangkaian kegiatan MPKD II. Peserta dikumpulkan di tanah lapang untuk mengikuti upacara penutupan. Upacara yang dikomandani oleh Korsad Marsudi dari lampung Timur dan Bowo Edy Anggoro selaku inspektur upacara yang merupakan Ketua DPD PKS Lampung Selatan.

Bowo mengamanatkan bahwa rankain kegiatan MPKD II ini merupakan wadah tarbiyah pembentukan kader yang sehat, kuat, dan bugar. Karena dengan sehat, kuat, dan bugar kader akan senantiasa siap siaga dalam segala hal dan akan lebih bisa berkhidmat secara maksimal untuk masyarakat.[ ] 

Lufi Ariyanto, Kontributor Dapil 3

0 Response to "Mukhoyam Penyempurna Tarbiyah"

Posting Komentar