Antara Tanggung Jawab dan peluang

 


Lampung Timur--- Taujih Ust Slamet Widodo, Lc

Dalam sebuah riwayat dari abidzar dia berkata : aku berkata ya Rasulullah tidakkah engkau berikan kepadaku jabatan? Maka beliau menepuk pundakku dengan tangannya kemudian berkata: "wahai abu Dzar sesungguhnya engkau ini lemah dan sesungguhnya jabatan itu adalah amanah dan dia pada hari kiamat akan menjadi kehinaan dan penyesalan kecuali bagi orang yang memberikan haknya dan menunaikan amanahnya " hadits riwayat Muslim

Ikhwati Fillah, pada saat kita diberikan amanah dibacakan SK pengangkatan jabatan, mengikrarkan sumpah untuk menjalankan amanah, maka sungguh saat itu kita sedang memikul sebuah beban yang berat. Jika kita tidak  menyiapkan segala kekuatan untuk melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya,  maka akan menjadi penyesalan dan kehinaan bagi kita. Oleh karenanya tidak ada kata lain selain meminta kekuatan dan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta'ala, untuk melaksanakan amanah itu dengan sebaik-baiknya. Pada hakikatnya sesungguhnya kita ini lemah. Seberapa kuat kita dibandingkan dengan abu Dzar sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang dikenal Istiqomah dengan sikapnya, tapi masih disebut lemah oleh beliau.

Amanah ini seakan-akan adalah musibah bagi kita yang perlu kita ucapkan kan  innalillahi wa inna ilaihi rojiun ketika kita menerima SK pengangkatan.

Memang, ini adalah amanah berat. setiap kita mungkin merasa tidak layak dan tidak pantas untuk mengemban nya. Tetapi ketika kita sudah diminta dan ditunjuk oleh pemimpin kita atau sudah disepakati dalam syuro maka pilihan yang paling tepat adalah bagaimana kita berusaha untuk memantaskan diri dan melayakkan diri kita mengemban amanah ini.

Mari kita jadikan ucapan selamat, dan tahniah yang diberikan kepada kita sebagai pemicu dan pendorong untuk melaksanakan amanah ini.

Mari kita bayangkan bahwa ucapan selamat Itu adalah ucapan para malaikat kepada penduduk surga saat mereka memasuki nya "salamualaikum"

Mari kita lihat ini adalah peluang yang diberikan kepada kita, agar kita termasuk orang-orang yang yang masuk ke dalam surga nya Allah dengan mendapatkan ucapan selamat dari para malaikat karena prestasi kebaikan kebaikan yang kita buat. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk membuat kebaikan yang lebih banyak dan lebih besar manfaatnya. Ingatlah bahwa diantara sebab para malaikat memberikan ucapan selamat kepada ahli surga adalah karena mereka sudah menjadi baik dengan amal amal sholeh nya.

"SELAMAT BERTUGAS SEMUA PENGURUS DPTD KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PERIODE 2020-2025"


1 Response to "Antara Tanggung Jawab dan peluang"