Kader Perempuan PKS Banjarnegara Buat Komunitas Pecinta Quran

PKSLAMTIM.COM I BANJARNEGARA (5/7) – Bidang Perempuan (Bidpuan) DPD PKS Banjarnegara mencetak kader perempuan PKS yang kompeten dalam hal Al Quran, terutama bacaan dan hafalannya, melalui Dauroh Quran. Tidak kurang dari 50 kader perempuan DPD PKS Banjarnegara mengikuti kegiatan tersebut di Masjid Anas bin Nadhor Desa Petambakan, Kecamatan Madukara Kabupaten Bajarnegara, Jawa Tengah, Ahad (5/7).

Salah satu pengurus Bidpuan PKS Banjarnegara Syamsiah mengatakan saat ini banyak kader yang belum sesuai antara jenjang dengan kompetensi yang dimilikinya. Melalui Dauroh Quran, kata Syamsiah, diharapkan dapat memotivasi dan menjadi ajang pemetaan kemampuan kader dalam bacaan dan hafalan Quran yang dimiliki.

“Lebih-lebih kader perempuan, mereka adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, kompetensi dalam hal Quran sangat kami tekankan sebagai bekal bagi mereka,” ujar Syamsiah.

Hadir sebagai pemateri kegiatan tersebut ialah Pengasuh Rumah Quran di Purwareja Klampok Banjarnegara, Suharni. Dalam materinya, tokoh yang akrab disapa Ustadzah Suharni ini banyak memberikan motivasi tentang keistimewaan para penghafal Al Quran.

“Para penghafal Quran akan dijamin oleh Allah kehidupannya, akan mulia baik dunia maupun akhirat,” tandas Suharni.

Buat Komunitas

Selain mendapatkan materi, di akhir acara para peserta juga sepakat membuat komunitas pecinta Quran.  Komunitas ini terdiri dari 3 kelompok dengan masing-masing didampingi 1 musyrifah (pendamping) dan 1 orang admin untuk pola komunikasinya. Menurut salah satu musyrifah Herni Sukaesi, nantinya setiap anggota kelompok akan memberikan laporan hafalan.

“Dalam jangka waktu 2 bulan, akan ada setoran 1 juz dalam sekali tatap muka, sedangkan untuk laporan setoran harian akan dilakukan setiap hari Jumat oleh anggota komunitas kepada musyrifah-nya masing-masing,” jelas Herni.

Herni menambahkan cara seperti itu akan sangat efektif ketika dijalankan dengan disiplin. Ia juga menjelaskan rencana kedepan untuk mengakomodasi program tersebut akan didirikan Rumah Quran untuk kader PKS.

“Kuncinya kemauan yang keras dari penghafal Quran, serta manajemen yang baik dan rapi dari para musyrifah. Para musyrifah ini akan membimbing bacaan setiap anggota yang setoran hafalan,” jelasnya.

Keterangan Foto: Dauroh Quran Bidang Perempuan DPD PKS Banjarnegara di Masjid Anas bin Nadhor Desa Petambakan, Kecamatan Madukara Kabupaten Bajarnegara, Jawa Tengah, Ahad (5/7).

Sumber: PKS Banjarnegara


0 Response to "Kader Perempuan PKS Banjarnegara Buat Komunitas Pecinta Quran"

Posting Komentar